Senin, 17 Agustus 2020

Dirilis Bersamaan, Berikut 5 Perbandingan Canon R5 dan R6

Canon merupakan salah satu merek kamera ternama yang cukup diminati di tanah air. Di pertengahan tahun 2020 ini, produsen kamera ini meluncu... thumbnail 1 summary

Canon merupakan salah satu merek kamera ternama yang cukup diminati di tanah air. Di pertengahan tahun 2020 ini, produsen kamera ini meluncurkan dua kamera mirrorless secara bersamaan yaitu EOS R5 dan R6. Keduanya seakan memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda. Namun jika dilihat dari harganya, kedua kamera ini ditawarkan dengan selisih yang cukup jauh. Terdapat beberapa perbedaan antara Canon r6 dan r5. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut.

 

Perbedaan Antara Kamera Mirrorless Canon EOS R5 dan R6
1. Ukuran dan Resolusi Layar
Perbedaan pertama bisa dilihat dari ukuran dan resolusi layarnya. Keduanya memang membawa layar sentuh LCD yang dapat diputar dan dilipat. Namun terdapat selisih ukuran dimana R6 memiliki ukuran layar yang lebih kecil. EOS RG dengan layar 3 inci sedangkan EOS R5 berukuran 3,2 inci. Hal ini membuat EOS R6 lebih ringkas dan mudah dibawa kemana mana. Selain itu, resolusi layar EOS R6 juga lebih rendah dengan 1,68 juta titik sedangkan EOS R5 memiliki 2,1 juta titik.


2. Desain dan Adanya Layar LCD
Jika dilihat dari desainnya, kedua kamera ini sangat tampak berbeda terutama pada bagian atas bodinya. Jika kamera Canon EOS R6 tidak membawa layar LCD untuk menampilkan indikator pengaturan kamera sebagaimana yang ada pada kamera EOS R5. Sedangkan Canon R6 juga mengunggulkan dial putar sebagaimana layar DSLR umumnya. Namun keduanya sama sama memiliki bodi yang tangguh dan tahan terhadap debu dan cuaca sehingga cocok untuk travelling.


3. Kemampuan merekam Video
Selain dari segi desain dan ukuran, kemampuan merekam video kedua kamera ini juga berbeda. Tentunya karena dibanderol dengan harga yang lebih mahal, maka EOS R5 memiliki kualitas video yang lebih bagus. Kamera satu ini bahkan bisa merekam video RAW dengan resolusi 8K 30p tanpa crop. Sedangkan kamera EOS R6 hanya memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi 4K 60p tanpa crop yaitu memakai 94% area horisontal atau lebar sensor gambar.


Tak hanya itu, modus video EOS R5 juga memiliki fitur yang sangat lengkap. Berbagai fitur ini mendukung kualitas kamera yang lebih baik. Kamera R5 mempunyai pengaturan exposure yang menggunakan prioritas kecepatan rana kamera, mode custom dan prioritas bukaan diafragma. Adapun Canon R6 hanya mendukung untuk pengaturan di mode program dan manual saja. Namun secara garis besar kedua kamera ini mendukung berbagai format file video.


4. Kartu Memori
Media penyimpanan atau kartu memori menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika membeli kamera. Kartu memori yang lebih lega akan memudahkan anda dalam menyimpan file dalam jumlah yang banyak tanpa perangkat tambahan. Untuk EOS R5 didukung dengan ruang penyimpanan ganda CFexpress serta kartu memori SD. Sedangkan kamera EOS R6 juga dilengkapi dengan kartu memori ganda namun berupa slot kartu memori SD.


5. Mode Dual Pixel RAW
Para pengguna EOS R5 bisa menggunakan mode Dual Pixel RAW. Fungsi dari mode ini yaitu untuk memudahkan pengguna mengedit foto setelah diambil melalui software Canon Digital Photo Professional. Menariknya lagi, pada Canon EOS R5 juga terdapat fitur Potrait Relighting yang digunakan untuk mengatur tingkat ketajaman dan efek bokeh yang tidak terdapat pada Canon R6. Anda pun bisa menggunakan fitur Background Clarity untuk memperjelas latar pada subjek.


Secara umum, spesifikasi Canon EOS R5 memang lebih unggul dibandingkan EOS R6. Namun dari segi harga, EOS R6 dibanderol dengan harga yang lebih murah sehingga sangat cocok untuk anda yang memiliki budget terbatas. Harga EOS R5 body only dibanderol sekitar Rp 70 juta. Sedangkan EOS R6 body only dibanderol dengan harga sekitar Rp 48 juta. Selain itu, EOS R6 juga sudah bisa diandalkan untuk mendapatkan foto maupun video dengan kualitas yang tinggi.